http://us.images.detik.com/logo_tematik/logodetikinet.png
 
 

GeekFest 2012

Animatronic: Balada Kera Hingga Pengganti Tubuh Manusia

Ardhi Suryadhi - detikinet
Minggu, 01/04/2012 16:50 WIB
Halaman 1 dari 2
http://us.images.detik.com/content/2012/04/01/398/animatronic-dummy-head.jpg Animatronic (Ist)
Bandung - Animatronic merupakan suatu suatu konsep rekaan makhluk hidup yang di dalamnya dibenamkan kemampuan robot. Sehingga dengan tampilan yang mirip makhluk hidup, ia dapat digerakkan sesuai keinginan si pembuat.

Kegunaan teknologi ini sejatinya bermacam-macam, bisa dibuat untuk karakter mainan seperti yang ada di wahana Balada Kera Dufan, hingga membantu manusia untuk mengganti fungsi salah satu bagian tubuhnya.

"Jika Anda pernah melihat karakter di Balada Kera di Dufan, itu sejatinya sudah termasuk Animatronic. Cuma bahan pembungkus bagian luar yang digunakan bukan kulit, bisa plastik atau bahan keras lainnya," tukas Shendi Abdi, dari perusahaan Riset Indie yang tengah menggeluti Animatronic, saat berbincang dengan detikINET di sela GeekFest di Sabuga, Bandung.

Adapun untuk lebih terlihat lebih nyata, karakter Animatronic yang dibuat bisa digunakan bahan yang lebih kulit. Salah satunya adalah bahan silikon. Dengan ini, kulit pembungkus karakter Animatronic bisa tampak lebih hidup.

Bahkan menurut Beben salah satu anggota Riset Indie lainnya, di sejumlah negara Eropa seperti Inggris atau Jerman, Animatronic sudah dibuat untuk riset kesehatan.

"Mereka membuat Animatronic untuk dipasangkan ke tubuh manusia untuk menunjang bagian yang cacat. Jadi untuk industri kesehatan, dan kita bisa melihat potensinya dari pasar itu," lanjutnya.

Memang, karya manusia tidak bisa disandingkan dengan ciptaan Tuhan. Termasuk untuk mengganti bagian tubuh yang cacat dengan teknologi Animatronic. Pun demikian, hal ini setidaknya bisa digunakan untuk sekadar membantu agar lebih baik lagi.Next

Halaman 1 2
(ash/rns)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!


 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        
Sponsored Link

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
Pro Kontra Index »

Rudiantara Cocok Jadi Menkominfo?

Dengan latar belakanganya sebagai seorang profesional di industri telekomunikasi, Rudiantara dianggap pas menempati kursi menkominfo. Lantas, bagaimana dengan Anda, apa berpendapat sama?
Pro
73%
Kontra
27%


Must Read close