http://us.images.detik.com/logo_tematik/logodetikinet.png
 
 

Wow, Orang Utan Siap Video Chat dengan iPad

Fino Yurio Kristo - detikinet
Selasa, 10/04/2012 08:04 WIB
http://us.images.detik.com/content/2012/04/10/398/ipad.jpg Orang utan main ipad (afp)
Jakarta - Para orang utan di kebun binatang Milwaukee County Zoo, Amerika Serikat, senang memakai komputer tablet Apple iPad. Mereka kini sedang serius dilatih untuk memahami komunikasi dengan orang utan lain melalui video chat.

Melalui video chat di iPad, orang utan bernama Mahal dan dua lainnya akan bisa melihat secara real time orang utan di kebun binatang lain atau di alam liar. Memang, Mahal dan kawan-kawan saat ini sudah terlihat menikmati tayangan video di iPad sehingga video chat secara live mungkin akan lebih menarik bagi mereka.

"Mungkin saja mereka tidak memperhatikannya sama sekali, namun dari apa yang saya pahami tentang mereka, saya pikir mereka akan mampu memahami video ini real time dan mereka sedang melihat orang utan lain," tukas Trish Khan, koordinator primata di kebun binatang tersebut.

Orang utan memakai iPad adalah proyek dari lembaga Orangutan Outreach dengan nama 'Apps for Apes'. Pengunjung kebun binatang pun bisa menyaksikan pula tingkah laku orang utan tersebut kala memainkan iPad. Tujuannya agar masyarakat turut menyadari spesies itu terancam kepunahan.

"Sungguh penting bagi publik untuk terkoneksi dengan binatang tersebut karena kita kehilangan mereka di alam liar, mereka menghadapi kepunahan. Bagi saya hal terpenting adalah agar orang tahu makhluk ini luar biasa," imbuh dia yang detikINET kutip dari AFP, Senin (9/4/2012).

Pengunjung kebun binatang pun tertarik menyaksikan orang utan mampu memainkan iPad. Mereka pun bisa mengajukan berbagai pertanyaan pada penjaga mengenai hewan asal Kalimantan tersebut.


(fyk/fyk)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!
Sponsored Link


 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
Berita Terbaru Index »
Pro Kontra Index »

Nokia Android bakal Menggigit?

Nokia resmi memperkenalkan tiga seri Nokia X yang sudah mengusung sistem operasi Android. Mampukah tiga ponsel kelas menengah itu menggaet perhatian pasar?
Pro
57%
Kontra
43%


Must Read close