http://us.images.detik.com/logo_tematik/logodetikinet.png

Foto Wedding Mahal, Photoshop pun Jadi Pilihan

Santi Dwi Jayanti - detikinet
Jumat, 20/04/2012 11:07 WIB
http://us.images.detik.com/content/2012/04/20/1277/wedding_mini-dlm-.jpg Foto olahan (PetaPixel)
China - Mahalnya biaya yang harus dikeluarkan untuk pemotretan wedding tak membuat pasangan-pasangan calon pengantin kehilangan akal. Alih-alih merogoh kocek yang cukup dalam, pilihan pun diserahkan pada keberadaan agensi fotografi online.

Agensi fotografi online? Ya, memanfaatkan software olah foto seperti Photoshop, foto-foto pernikahan yang ciamik pun dihasilkan oleh jasa mereka tanpa harus bertemu langsung dengan sang model alias calon pengantin. Meski harus diakui, karya-karya tersebut memang 'palsu'.

Namun di luar 'palsu' atau tidak, agensi semacam ini banyak diminati di China. Adalah He Wen, salah satu calon pengantin yang mengaku memanfaatkan layanan tersebut, demikian dilaporkan China Daily.

Daripada membayar ratusan Yuan untuk melakukan photo shoot profesional, ia memakai jasa tersebut yang bisa menghemat uang di dompetnya.

"Biaya pemotretan wedding di studio normalnya memakan biaya 5.000-6.000 Yuan (sekitar USD 950), namun saya hanya membayar 300 Yuan (USD 50) untuk membuat foto dengan jasa online," ujarnya seperti dilansir YahooNews, Jumat (20/4/2012).

Kebalikan dengan budaya Barat, di China sebagian besar calon pengantin memang mengambil foto pernikahan beberapa hari menjelang hari H-nya. Dengan hanya mengirimkan foto 'biasa' ke jasa pembuatan album wedding 'palsu' itu, konsumen bisa mendapatan hasil akhir yang menawan.

Foto biasa itu bisa dimanipulasi seolah-olah pasangan sedang memakai pakaian pengantin dan berbagai pernak-pernik. Bisa juga mereka dibuat seolah-olah melakukan pemotretan di sebuah pulau atau tempat wisata lainnya.

China Daily mencontohkan penawaran jasa itu dilakukan oleh platform online Zhubajie.com. Sejak tahun lalu ia telah dibanjiri 8.000 orderan yang jika ditotal seharga USD 66.580.


(sha/ash)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!
Sponsored Link


 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
Berita Terbaru Index »
Pro Kontra Index »

Nokia Android bakal Menggigit?

Nokia resmi memperkenalkan tiga seri Nokia X yang sudah mengusung sistem operasi Android. Mampukah tiga ponsel kelas menengah itu menggaet perhatian pasar?
Pro
55%
Kontra
45%


Must Read close